Review HTC ONE SC

HTC ONE SC

Smartphone Android dengan kemampuan Dual-SIM (GSM-CDMA)

HTC One SC
HTC One SC


Assalamualaikum..

Halo sobat apa kabar?

Kali ini gw mau coba me-review gadget yang cukup keren, gadget yang bakalan gw review kali ini adalah HTC One SC. 

Seperti yang sudah kita tau, HTC merupakan produsen smartphone premium dengan OS Android dan juga Windows Mobile. Bagi kalian yang belum mengetahui tentang HTC jangan takut langsung aja liat disini 

Bagaimana kinerja dan kemampuan dari smartphone middle-end ini? 
Langsung aja yuk kita liat review nya... Cekibrot!!

HTC One SC merupakan smartphone berplatform Android yang berada di kelas HTC One, yang mengisyaratkan untuk urusan spesifikasi HTC One SC jelas lebih unggul dari kelas Desire. 

Seperti halnya HTC Desire VC, smartphone One SC juga merupakan smartphone Android yang dapat hidup di “dua alam” (dual-on sim CDMA-GSM) yang sudah dipersenjatai dengan prosesor 1 Ghz dual-core, RAM 1GB, kamera autofokus 5 megapiksel dengan LED flash serta tidak ketinggalan fitur Beats Audio.

Spesifikasi Utama :
Paket kelengkapan
paket kelengkapan yang di review


  • Triband GSM (900/1800/1900 MHz)
  • CDMA 2000 (800/1900 MHz), 1xEVDO Rev. A
  • Layar sentuh kapasitif jenis Super LCD-2, 4.3-inci (280x800 px) 217 ppi~
  • Prossesor Dual-Core 1 GHz
  • RAM 1GB
  • GPU Mali-400 MP
  • Kamera 5 Megapixel, autofokus, LED flash
  • Memori internal 4GB 
  • Memori external Micro-SD (up-to 32GB)
  • Android ICS 4.0
  • Baterai Lithium Ion 1800 mAh (removeable)


Desain dan Body 

Tampak Depan HTC One SC
Tampak depan
Dari sisi design, HTC One SC ini tidak menggunakan konsep unibody, karena cover belakang dapat dilepas untuk keperluan penggantian baterai, memasukan kartu SIM, serta kartu memori eksternal Micro-SD. 

Body dari One SC ini dapat gw kategorikan smartphone dengan body cukup tipis dan juga ringan dibandingkan dengan iPhone 4S (karena gw pake iPhone 4S untuk sehari-harinya), hal ini dikarenakan smartphone ini memiliki dimensi 128 x 66.9 x 8.9 mm dan hanya memiliki berat 116 gram. 

Bagi gw pribadi, smartphone ini cukup nyaman di tangan dan praktis karena bodynya yang ergonomis, ukurannya yang tidak terlalu besar (4.3 Inch) tergolong masih dapat digunakan dengan satu tangan, ringan, serta backcover yang bertekstur membuat tidak mudah selip dan mantab di genggam.

Back Cover HTC One SC
backcover bertekstur : tidak mudah selip
dan mantab di genggam
Dengan bentukan yang ramping ini, HTC One SC terlihat menarik di genggaman. Penggunaan pun terasa lebih nyaman. Hanya saja mekanisme buka tutup covernya lumayan membuat deg-degan. Pasalnya kita harus mencungkil bagian atas back cover yang tampaknya memang tidak ada batas antara cover dengan bagian depan ponsel. 
Tekstur Body HTC One SC
Backcover : artistik, stylish
dan ergonomis

Back cover didesain dengan tekstur yang tahan licin. Melalui garis-garis asimetris dan membentuk huruf hTC, ponsel ini mampu bertahan di tempat yang licin sekalipun. 

Bagian mukanya berisi dengan LED notifikasi, earpiece, sensor cahaya dan proximity, layar dengan luas 4.3-inch, serta 3 buah tombol (back, home, recent apps) berjenis kapasitif. 

Bagian belakang nya terdiri dari kamera, LED flash dan segaris lubang speaker yang tidak terlalu terlihat. Sedangkan untuk slot kartu SIM (Micro-SIM) CDMA-GSM serta kartu memori eksternalnya berada di balik backcover.

Port Micro-USB
Port Micro-USB
dan Speaker
Sisi kanan-kiri diisi oleh tombol volume up-down, dan pada bagian atasnya hanya diisi dengan port headset 3,5mm dan tombol lock/power yang tidak terlalu menonjol. 

Kemudian yang terakhir bagian bawahnya terisi dengan port Micro-USB (untuk mencharge dan keperluan transfer data melalui kabel USB) dan lubang mic.




Layar dan Antarmuka



HTC Sense
HTC Sense 4.1
Tampilan layar smartphone ini menggunakan jenis layar Super LCD-2 dengan resolusi WVGA (480 x 800 px) dengan kerapatan 217 ppi, dimana menurut gw pribadi layar pada HTC One SC ini termasuk nilai tambah yang menonjol dibanding smartphone sekelasnya. 

Jujur aja, kualitas layar One SC ini membuat gw takjub terkesima. Tipikal layar S-LCD2 ini sangat cerah, putih bersih, kontras yang bagus, serta produksi warna dari layar ini sangat bagus. Bahkan pas gw kompare dengan iPhone 4S layar pada HTC One ini lebih cerah dan putih bersih sedangkan layar pada iPhone 4S lebih kekuningan dan bertipe “warm”. 


S-LCD2
S-LCD 2 | 4.3" inch | 217 ppi
Kelebihan dari tipe layar HTC One SC ini adalah sangat memanjakan mata sobat dengan produksi warna yang “puchy” dan putih bersih, kekurangannya adalah tidak terlalu nyaman untuk dipakai melihat berlama-lama (nonton film, baca e-book, atau browsing dalam waktu lama) karena mata akan cepat lelah.

Dengan kedalaman pixel hingga 217 ppi untuk pemakaian sehari-hari terasa pas mantab, kecuali bila sobat melihat layar dari jarak dekat maka akan berasa kelihatan kotak-kotak pixelnya. 


ICS 4.0
Android 4.0
Ice Cream Sandwich
Sedangkan antarmukanya sendiri masih setia dengan Android ICS 4.0 yang dikostumisasi oleh HTC Sense 4.1. Meskipun begitu antarmuka HTC Sense bisa menjadi kelebihan positif karena memiliki banyak sekali pengaturan tampilan yang detail sehingga tidak membosankan saat sobat menggunakannya.






Kamera dan Perekam Video


5 MP Autofocus LED Flash w/ CMOS Sensor
5 MP | LED Flash |
Auto Fokus | CMOS Sensor
Pada bagian ini, HTC One SC dipersenjatai dengan kamera dengan kemampuan 5 Megapixel, autofokus dan dilengkapi dengan LED flash. Sayang, HTC One SC ini tidak dilengkapi dengan kamera depan untuk video call atau untuk keperluan selfie. Khas HTC, kamera ini dapat mengambil gambar secara cepat dan memiliki kemampuan mengambil foto cukup terang di ruangan redup cahaya. 

Antarmuka dalam kameranya simpel dan mudah digunakan. Tersedia beberapa pilihan filter yang dapat di aplikasikan langsung ke hasil. 


Kaya fitur dan simpel
kaya akan fitur pengaturan |
hasil foto mumpuni
Kamera smartphone ini juga memiliki cukup banyak fitur-fitur, seperti : autofokus, touch to focus, macro mode, white balance, pengaturan resolusi gambar, pengaturan resolusi video, image adjustments (mengatur exposure, contrast, saturation, sharpness), pengaturan ISO, face detection, smile detection, geo tagging, sweep panorama dan foto editor.

Kualitas foto yang dihasilkan oleh HTC One SC ini cukup bagus dan detail, untuk kondisi di dalam ruangan (indoor) yang minim cahaya foto cukup terang dengan pewarnaan yang natural. 

Hasil foto HTC One SC (Full Resolution) :


Kucing
  

 

 

Foto Landscape :




Panorama :



Foto Lowlight :





Sedangkan dalam kondisi luar ruangan (outdoor) hasilnya cukup tajam dan detail dengan warna yang natural. Perekaman video dapat dilakukan hinggal resolusi HD 720p dan disimpan dalam format mp4. Saat melakukan perekaman video, sobat juga dapat sekaligus mengambil foto namun dengan resolusi maksimal (5 MP)

Hasil Perekaman Video HTC One SC (HD 720p) :






Kinerja/Performance


HTC One SC ini telah didukung dengan hardware yang mumpuni yaitu : prossesor Dual-Core 1 GHz, RAM 1GB, GPU Mali 400-MP, memori internal 4GB yang dapat ditingkatkan melalui slot Micro-SD (support hingga 32GB). 

Kinerjanya pun cukup smooth dan mumpuni untuk menunjang kebutuhan harian sobat. Pergeseran antar muka sangat minim lag dan bisa di bilang mulus, untuk kinerja membuka sosial media seperti : facebook, twitter, path maupun instagram tidak terjadi lag yang berarti. 

Sedangkan untuk keperluan hiburan seperti : games ringan maupun berat cukup memuaskan bagi gw pribadi. 

Konektivitas 


Untuk menunjang kebutuhan komunikasi sobat, smartphone ini dapat diandalkan. Dengan konfigurasi dual-on SIM CDMA-GSM smartphone ini sangat menarik untuk sobat miliki. Memang HTC One SC ini lebih mengutamakan konektivitas jaringan CDMA nya yang sudah mendukung Rev. B EDVO (Up To 3,1 Mbps) ketimbang jaringan GSM nya yang hanya mendukung konektivitas EDGE dan GPRS saja.

Untuk konektivitas internalnya pun cukup lengkap, seperti : WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, A-GPS, microUSB v2.0, dukungan kartu memori microSD hingga 32GB.

Daya Tahan Baterai


HTC One SC memiliki baterai Lithium Ion berkapasitas 1800 mAh. Saat gw coba menggunakan ponsel ini untuk penggunaan sehari-hari dengan berbagai aktivitas (browsing, mendengarkan music, kamera, video) dengan kondisi jaringan CDMA dan GSM aktif (dengan paket data) baterai ini mampu menyokong hingga seharian lebih +-12 jam, tentunya angka ini akan lebih tinggi jika hanya mengaktifkan satu jaringan saja.

Kesimpulan


Dari hasil review singkat gw, menurut gw HTC One SC ini sangat “worth it” untuk sobat miliki terlebih jika sobat memiliki dua kartu GSM dan CDMA dan ingin memiliki smartphone yang bisa multifungsi dan menggunakan kedua kartu “beda alam” tersebut dalam satu smartphone.

Kelebihan dari HTC One SC ini :

1. Layar dengan tipe IPS S-LCD 2 yang sangat bagus dan cerah untuk browsing, menonton youtube, film, bermain games sekalipun.
2. Memiliki kemampuan hidup di “dua alam” (GSM-CDMA)
3. Desain bergaya dan terlihat mewah
4. UI Sense yang memiliki kelengkapan fitur
5. Baterai mumpuni untuk ponsel dual-SIM
6. Kualitas sound yang berkualitas dengan Beats Audio

Sedangkan kekurangannya :

1. Versi Android yang masih menggunakan Ice Cream Sandwich


Itulah hasil review berdasarkan pengalaman gw selama memakai HT One SC. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi acuan dalam memilih smartphone Android Dual-SIM yang berkualitas. 

Apakah sobat tertarik untuk memiliki smartphone ini ? 
Atau sobat sudah memakainya sekarang?






0 komentar:

Post a Comment

 

Blogroll

About