Tips liburan ke karimun jawa


Assalamualaikum sobat, apa kabar? semoga selalu sehat ya :)
Kali ini gw mau berbagi tentang tips and trick buat kalian yang mau liburan ke pulau karimun jawa dan bingung harus gimana, nih gw mau berbagi sedikit tips dan tricknya.
Kebetulan akhir tahun nanti mau traveling ke karimun jawa (tahun baruan lah istilahnya.. hehe) , bosen juga tahun baruan di jakarta trus.. hehe :) Nah buat sampai ke karimun jawa gw mau coba naik moda transportasi bus. Menurut gw selain bus itu lebih nyaman dan juga lebih praktis untuk sampai ke Jepara nya sebelum nyebrang lagi ke pulau karimun jawa :) karena kalau naik kereta api selain kurang nyaman (kalau naik Ekonomi-AC) juga kurang praktis karena harus naik bus lagi untuk ke kota Jepara nya setelah sampai di Semarang.
Jadi malah curhat nih, hehe :))
Langsung aja Tips and Trick nya buat kalian yang mau pergi ke karimun jawa :

1. Siapkan niat dan fisik

Tanpa ada niat yang kuat, ujung-ujungnya kita batal berangkat ke karimun jawa :D Fisik juga harus siap, sehat jasmani dan rohani (gimana mau berangkat ke karimun jawa coba kalau kita sakit :(




2. Siapkan waktu dan biaya

Nah setelah niat dan fisik udah mantap, selanjutnya kalian perlu atur kapan waktu dan siapkan biaya yang dibutuhkan (kalo biaya masih kurang bisa nabung dulu atau pinjem dulu ke temen.. hehe:) kalo pinjem gw gak merekomendasikan loh ya..)
Waktu yang tepat biasanya pas libur panjang, hari kejepit atau kalo kalian udah kerja bisa ambil jatah cuti kalian :) nah setelah udah dapat tanggalnya, selanjutnya siapin deh budget biaya yang dibutuhkan.

3. Cari informasi tentang paket wisata ke karimun jawa 

Setelah waktu dan biaya udah siap,cari info sebanyak-banyaknya tentang paket wisata ke karimun jawa bisa dilakukan dengan googling atau tanya-tanya ke temen yang udah pernah kesana. Gw pribadi menggunakan paket wisata yang disediakan oleh http://funtripstour.com karena selain lengkap pilihan paketnya, harganya juga gak terlalu menguras kantong. (bukan promosi loh tapi pengalaman pribadi aja, hehe :)  
Menurut gw lebih enak dan praktis pakai paket wisata yang disediakan oleh travel agenc dibandingkan kita backpackeran, kenapa?? karena kita gak tau gimana medan dan kondisi disana, terutama seperti : makan, penginapan, biaya yang dibutuhkan, dll. Dengan menggunakan paket wisata, at least kita udah gak usah mikirin hal-hal disananya gimana. Kita tinggal pikirin deh gimana cara sampai di Jepara nya dan apa-apa yang perlu kita bawa. hehe :)
Kalo kalian lebih suka backpackeran cari info sebanyak-banyaknya tentang penginapan, tiket kapal, dll. Kemudian tentukan pilihan kalian. (sedikit saran : jangan terlalu banyak meng-compare biar gak bingung buat pilihannya.. hehe)

4. Pilih dan tentukan transportasi menuju Jepara

Untuk bisa sampai ke karimun jawa, kita mempunyai beberapa pilihan moda transportasi. Tentunya setiap transportasi mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri.
Ada beberapa pilihan transportasi menuju kota Jepara sebelum menyebrang ke pulau karimun jawa, yaitu :

1) Kereta Api

Kelebihan : lebih murah, lebih cepat dan aman

Kekurangan : kurang praktis (karena cuma sampai kota Semarang, dari sini kita harus naik bus lagi menuju Jeparanya),  kurang nyaman (kalo naik yang kelas Ekonomi-AC kurang nyaman posisi tempat duduknya, kalo naik yang kelas argo atau eksekutif sih nyaman-nyaman aja. cuma ya itu harga tiketnya yang "gak nyaman" hahaha..)

2) Bus AKAP (Bus Antar Kota-Antar Propinsi)

Kelebihan : lebih nyaman, lebih praktis dan dapat makan malam :)

Kekurangan : lebih lama di perjalanan, kurang aman









3) Pesawat Terbang

Kelebihan : lebih nyaman, lebih cepat sampai tujuan

Kekurangan : harga tiket lebih mahal jauh diatas kereta dan bus, kurang praktis (karena pesawat hanya sampai di semarang, dari semarang kita harus sambung lagi pakai bus menuju jepara)

Tinggal kalian tentukan moda transportasi yang akan kalian pakai sesuai kebutuhan dan budget :) jangan lupa untuk memesan tiket jauh sebelum hari-H nya (2-3 minggu sebelum hari H kalian minimal harus udah pegang tiket menuju jepara, karena biasanya kalo lagi musim liburan atau hari libur nasional tiket ke luar kota cepat habisnya)

5. Tentukan dan siapkan barang-barang yang akan dibawa (Packing)

Tentukan dan siapkanlah barang-barang yang akan kalian bawa minimal 2-3 hari sebelum hari keberangkatan, karena kalo kalian packing terlalu dekat dengan waktu keberangkatan biasanya sih ada saja barang yang ketinggalan (pengalaman pribadi nih, hehe.. )
Tentukan juga barang-barang apa saja yang akan kita bawa (jangan terlalu banyak membawa barang-barang yang tidak begitu penting, karena akan repot dan berat kita membawanya :))
Bawalah pakaian secukupnya, peralatan mandi, perangkat solat bagi yang muslim, senter, sunblock, sendal jepit, kamera dan usahakan jangan membawa barang yang besar dan berat.

6. Isirahat yang cukup

Sangat dianjurkan untuk beristirahat yang cukup sehari sebelum keberangkatan (kan gak lucu kalo pas diperjalanan atau pas sampai sana kita malah sakit bukannya berlibur.. hehe)







7. Bawalah uang secukupnya


Ingat apapun yang berlebih-lebihan itu tidak baik! (Tidak baik bagi kantong kita.. hahaha)









8. Meminta restu dari orang tua dan orang-orang yang kita sayangi

Ini juga tidak kalah pentingnya bagi kita sebelum berangkat, ada baiknya sebelum berangkat jangan lupa untuk meminta restu dari orang tua dan orang-orang yang kita sayangi (istri bagi yang sudah berkeluarga atau pacar bagi yang punya ;p )






9. Banyak berdoa


Jangan lupa untuk selalu berdoa sebelum berangkat dan selama dalam perjalanan agar perjalanan kita juga direstui oleh-Nya :)




10. Enjoy

Tinggalkan sejenak semua masalah kantor ata bisnis kalian dan menikmatilah perjalanan serta liburan kalian serileks dan sesantai mungkin :)









Semoga tips-tips diatas dapat bermanfaat dan berguna bagi kalian yang sedang berencana liburan ke karimun jawa.
Selamat berlibur ya sobat!
Happy holiday! :)

Kalo ada tips-tips tambahan boleh kalian share di kolom komentar yaa sobat :)


0 komentar:

Post a Comment

 

Blogroll

About