Lebih Dekat dengan Sang Pendiri GOOGLE

Sang Pendiri Google 

Google, Inc.
Google, Inc. (foto: google)

Hai sobat, apa kabar?

Kali ini gw akan membahas tentang Google. Yup, Google merupakan salah satu Search Engine dengan traffic nomor 1 di dunia. Tapi tunggu dulu, kali ini gw bukan membahas tentang perusahaannya melainkan gw akan membahas tentang penciptanya.

Nah buat kalian yang belum tau siapa pencipta Google, langsung aja kita ungkap sama-sama. Yuk, cekibrot.....

Google, siapa sih yang tidak tahu nama itu? semua orang tahu nama itu sebagai mesin pencari (search engine). Karena melalui Google, dunia sekarang menjadi luas dan terbuka melalui berbagai informasi yang ada di dalamnya. Oleh karenanya, tidak berlebihan jika gw mengklaim untuk menjadi situs web yang paling banyak digunakan di dunia hari ini.

Alexa merilis bahwa utama situs Google.com sebagai website yang paling sering dikunjungi di Internet, dan situs web Google internasional lainnya. Pada awalnya perusahaan ini dibentuk sebagai perusahaan saham pribadi pada 4 September 1998. Dan mberubah menjadi perusahaan swasta umum pada tanggal 19 Agustus 2004.

Perlahan-lahan tapi pasti, perusahaan mulai tumbuh menjadi besar. Berbagai macam produk dan kerjasama mulai ditawarkan. Sampai akhirnya mereka menawarkan software produktivitas online lainnya, seperti E-mail, office suite, komputasi awan hingga jejaring sosial. Bahkan website yang telah dimiliki oleh Google seperti YouTube, Blogger, dan Orkut, juga merajalela dengan cepat.

Itu merupakan suatu prestasi luar biasa. Seperti misi pada awalnya yang bagaimana dengan suatu alat, dapat mengelola semua informasi di dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat bagi semua orang. Google yang sejak 2006 berbasis di Mountain View, California terus mengalami pertumbuhan yang cepat, termasuk mengembangkan produk komputer pribadi (PC), dan bukan hanya sekedar perusahaan.

Tentu saja, dengan harapan dapat menelusuri web, mengatur dan mengedit foto, dan pesan instan. Bahkan di era pasar smartphone tumbuh di dunia, Google sukses dalam pengembangan Google Android (sistem operasi mobile) dengan diiringi oleh Google Chrome OS sistem operasi berbasis web, yang ditemukan di netbook khusus yang disebut ChromeBook.

Selain itu, kesuksesan Google tidak lepas dari tangan-tangan kreatif dan pintar dua orang yang dikenal sebagai mahasiswa Universitas Stanford. Mereka adalah Larry Page dan Sergey Brin.

Larry Page & Sergey Brin
Larry Page dan Sergey Brin
(foto: google
)
Pada awalnya, mereka adalah dua orang yang selalu berbeda pemikiran dalam setiap topik pembicaraan dan diskusi. Tapi rupanya, dari perbedaan-perbedaan itu kemudian muncul lah ide-ide pada pemikiran yang sama, yaitu mesin pencari (search engine).

Akhirnya, pada tahun 1998, keduanya kemudian menjalankan mesin pencari Google, yang pada saat itu, semua sistem operasinya berdasarkan teknologi PageRank yang telah dipatenkan sebelumnya, yang didasarkan pada struktur link - link antara situs web untuk menentukan peringkat situs tertentu.

Larry Page (Chief Executive Officer / CEO Google Inc), lahir di Lansing, Mishigan 26 Maret 1973 pemuda ini adalah keturunan keluarga yang ahli di bidang teknologi.

Ayahnya, Carl Page dan ibunya, Gloria, adalah seorang profesor Ph.D. di bidang ilmu komputer Michigan State University. Page merupakan seorang lulusan dari sekolah tinggi East Lansing. Page meraih gelar Bachelor of Science jurusan teknik komputer dari Universitas Michigan dan juga seorang lulusan master dari Universitas Stanford.

Selain Larry Page, ada juga Sergey Brin yang juga merupakan pendiri Google. Pemuda yang lahir di Moskow, Uni Soviet, 21 Agustus 1973 ini adalah seorang pengusaha Amerika. Dia belajar ilmu komputer dan matematika sebelum mendirikan Google dengan Larry Page.

Brin Presiden teknologi di Google dan memiliki net worth dengan perkiraan nilai hingga $ 18,7 miliar, sehingga membuatnya menjadi orang nomor 26 terkaya di dunia. Sergey Mikhailovich Brin dilahirkan di Moskow, Uni Soviet. Ayahnya bernama Mikhail Brin dan Evgenia Brin ibu (née Krasnokutskaya) adalah seorang ahli matematika lulusan Moscow State University.

Pada tahun 1979, saat ia berumur 6 tahun, keluarganya pindah ke Amerika Serikat. Ia menghadiri sekolah dasar Paint Branch Montossori, Adelphi, Maryland. Ayahnya yang juga seorang profesor di Departemen matematika dari University of Maryland juga memainkan peran besar dalam mengembangkan minatnya di bidang matematika. Kemudian, pada September 1990, setelah lulus dari sekolah tinggi Eleanor Roosevelt, ia diterima di University of Maryland, College Park.

Program yang diambil pada waktu itu adalah ilmu komputer dan matematika. Ia juga memperoleh gelar Bachelor of Science pada tahun 1993. Ia kemudian melanjutkan pendidikan ilmu komputer di Stanford University melalui beasiswa dari National Science Foundation dan menerima gelar master pada Agustus 1995. Dia juga memiliki gelar MBA dari sekolah bisnis IE.(Dikutip dari berbagai sumber)

0 komentar:

Post a Comment

 

Blogroll

About