ASAL USUL LOGO ANDROID

ASAL USUL LOGO ANDROID

Ternyata bahwa Android Logo terinspirasi umum Toilet

Restroom vs Android
Logo Android terinspirasi dari toilet umum
(sumber : logobee)

Taukan kalian siapa pencipta Logo Android "robot hijau" yang terkenal itu? Kemudian darimana sih inspirasi untuk logo yang sekarang terkenal di seluruh dunia?

Apakah sang pencipta dari Indonesia? rasa-rasanya kok ya ndak mungkin yaa.. lha wong android saja lahir di Amerika sana :))

Ya betul, bila kalian menebak sang pencipta berasal juga dari negara kelahiran android tersebut. 
Namanya adalah Irina Blok, ibu satu anak, asal Amerika Serikat. Dia menciptakan Logo Android tersebut pada tahun 2007 saat dia masih bekerja sebagai perancang di Google.

Kepada New York Times, blog bercerita bahwa Google memintanya untuk memikirkan sebuah logo yang dapat dengan mudah diingat. Logo tersebut juga harus memiliki unsur-unsur Robotika, maka blok mulai mencari tahu hal-hal yang berhubungan dengan film fiksi ilmiah (sci-fi) dan ilmu pengetahuan (sains).

Tapi bukannya terinspirasi dari penelitiannya tersebut, blok malah mendapat pencerahan dari tempat yang sangat sering dikunjungi oleh manusia, yaitu : Toilet Umum.

Ya, TOILET UMUM!!! Kok bisa yaa??? ya namanya inspirasi terkadang bisa datang dari mana saja dan kapan saja sobat :D

Dia tertarik pada lambang / logo pada pintu masuk yang membedakan lambang toilet laki-laki dan perempuan di toilet umum. Dari sana dia mendesain dan memodifikasi gambar robot dengan tubuh seperti kaleng dan antena di kepalanya.

Ketika sedang mengerjakan logo itu, dia dan rekan-rekannya, memutuskan bahwa karena Android adalah open source, sehingga logo Android inipun harus bebas untuk diutak-atik oleh siapa pun.

"Kami memutuskan bahwa logo itu akan menjadi sebuah logo yang dapat diubah oleh siapapun di dunia," kata blok.

Sejak saat itu kita dapat melihat banyak logo robot Android dalam berbagai bentuk seperti ninja, pemain skate board, dan yang paling baru-baru ini menjadi sebatang coklat KitKat.

Nah itulah asal-usul logo Android "robot hijau" seperti sekarang yang kita ketahui bersama. Tidak ada yang menyangka bahwa sang pencipta logo tersebut terinspirasi dari gambar logo toilet umum!!! hahaa.. 

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan sobat tentang Android :)


1 komentar:

  1. Maap gan,ini sindiran atau bener bener postingan alami yah? :3.

    ReplyDelete

 

Blogroll

About